Tuesday 25 February 2014

Bisnis yang Dapat Dilakukan Mahasiswa


Saat masih menjalani masa-masa kuliah, banyak orang berfikir bagaimana bisa buka usaha sambil kuliah. Beberapa orang pun mulai bertanya kepada teman-temannya ada usaha sampingan nggak??? Buat nambah-nambah uang saku.. yaitu wajar terjadi karena masa-masa kuliah akan jauh berbeda dengan masa-masa SMA. Jika sewaktu SMA uang saku kita masih meminta kepada orang tua, maka di saat kuliah proses pendewasaan diri mulai terbentuk dengan timbulnya keinginan untuk mencari penghasilan sendiri.

Sesungguhnya ini adalah sikap yang konstruktik bagi diri seorang mahasiswa. Saat kuliah mungkin akan banyak sekali hal-hal kecil yang dihadapi. Mulai dari kurangnya uang saku, disibukkan dengan tugas kuliah yang tak kunjung usai, dan lain sebaginya. Jadi perlu adanya rencana awal yang harus disusun agar tujuan awal bisa tercapai. Jika hanya ingin kuliah normal seperti anak-anak pada umumnya, ya kita tinggal rajin masuk kuliah, belajar, mengerjakan tugas, dan fokus agar kuliah cepat selesai.

Tapi bagi yang ingin kuliah sambil kerja, ya.. kita harus pandai-pandai dalam membagi waktu. Jangan sampai karena pekerjaan lantas kuliah menjadi terbengkalai. Nah, beriku ada beberapa macam contoh peluang bisnis modal kecil untuk mahasiwa yang cocok diantaranya adalah:

Menerima jasa print
Meski beberapa tugas kuliah dari dosen dikirim lewat media online banyak mahasiswa yang saat ini masih membutuhkan printer untuk mencetak beberapa data atau tugas dari dosen. Jika di kampus masih banyak yang membutuhkan jasa print, maka ini adalah kesempatan kita untuk mebeli seperangkat alat print untuk melayani para rekan mahasiswa dan tentunya juga mengeruk keuntungan. Jika punya komputer atau laptop ya tinggal beli saja alat-alat print, seperti printer dan kertas sesuai kebutuhan. Bukalah usaha print kecil-kecilan di kos-kosan, kini biaya operasional print sudah cukup terjangkau. Usaha print ini pun bisa kita buka saat kista sedang di kost, dan kita tutup saat sedang kuliah, atau bisa juga kita bergantian dengan teman beda jurusan untuk membuka usaha kecil-kecilan ini.

Jualan makanan
Menjual makanan ringan atau makanan yang lain di kos-kosan, bisa menjadi langkah awal untuk belajar mencari uang. Mebiasakan berbisnis sejak dini adalah lebih baik meskipun itu kecil. Namun usaha yang ini tak bisa kita lakukan hanya seorang diri, butuh teman untuk bekerjasama agar usaha kecil ini bisa tetap berjalan.

Menjual Produk Orang Lain (afiliasi/Reseller/Dropshipping)
Apa perbedaan afiliasi, reseller dan bisnis dropshipping? Oke..mari kita simak penjelannya dibawah:

A. Bisnis Afiliasi.
Bisnis Afiliasi belakangan ini juga sangat diminati, cara kerjanya cukup sederhana, kita cukup membantu memasarkan produk orang tersebut dan apabila terjadi penjualan melalui link afiliasi kita, maka kita akan mendapat komisi/persenan. 

Program Afiliasi skala internasional yang paling diminati salah satunya adalah afiliasi AMAZON, afiliasi Clikbank dan lainnya. Amazon adalah Toko Online terbesar yang memiliki sistem afiliasi, jadi kalau kita ingin mendapatkan penghasilan dari Amazon, caranya cukup mendaftar menjadi afiliasnya, cari produk yang akan kita promosikan, ambil link afiliasi produk tersebut lalu promosikan.

Nah..untuk program Afiliasi Lokal sekarang juga sudah cukup banyak dan dengan komisi yang lumayan. Kamu tinggal menyesuikannya saja dengan tema blog kamu, misalnya blog kamu banyak membahas tentang perbaikan Printer, memperbaiki Laptop atau komputer, maka kamu bisa mengikuti afiliasi lokal tentang solusi perbaikannya, contohnya afiliasi qbonk. 

B. Bisnis Reseller.
Program reseller persis sama seperti program afiliasi, bedanya adalah kita disyaratkan harus membeli atau memiliki produk/jasa tersebut, untuk komisinya pastinya lebih besar lagi dibanding dengan program afiliasi, berkisar 40% hingga 70%. Sedangkan untuk program afiliasi kita tidak perlu membeli produk/jasa tersebut, cukup daftar dan login di member areanya, dan ambil link afiliasinya, untuk komisinya pastinya lebih kecil dari progran resellernya, biasanya berkisar 20%hingga 40%.

C. Bisnis Dropshipping.
Pengertian bisnis dropshipping adalah menjual produk orang tanpa harus menyetok barang atau membeli produk. Cara kerjanya adalah sebagai berikut Toko online si A membuka peluang bisnis dropsipping produknya, lalu kamu mempromosikan barang milik si A di toko online milik kamu atau bisa juga dengan blog, nah..setelah kamu berhasil mendapatkan pembeli dan pembeli tersebut mentransfer uang ke rekening kamu, maka selanjutnya kamu harus membayar kepada supplier pemilik produk si A tersebut sesuai dengan harga beli dropshipper. Dan kita harus mengirim data-data pembeli tersebut seperti nama, alamat, no telphone kepada si A, selanjutnya si A akan mengirim barang pesanan tersebut sesuai dengan data-data yang kita berikan
Unknown Web Developer

No comments:

Post a Comment